Nomor 6
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan x−2x+1>1 adalah ....
♠ Menyelesaikan pertidaksamaan
x−2x+1>1x−2x+1−1>0x−2x+1−x+1x+1>0(x−2)−(x+1)x+1>0−3x+1>0
Agar −3x+1>0 (positif) , maka penyebutnya harus bernilai negatif :
diperoleh : x+1<0→x<−1
Jadi, solusinya HP={x<−1}.♡
x−2x+1>1x−2x+1−1>0x−2x+1−x+1x+1>0(x−2)−(x+1)x+1>0−3x+1>0
Agar −3x+1>0 (positif) , maka penyebutnya harus bernilai negatif :
diperoleh : x+1<0→x<−1
Jadi, solusinya HP={x<−1}.♡
Nomor 7
Diketahui suatu fungsi f bersifat f(−x)=−f(x) untuk setiap bilangan real x.
Jika f(3)=−5 dan f(−5)=1, maka f(f(−3))=....
♣ Diketahui f(−x)=−f(x) ....pers(i)
berlaku juga : f(x)=−f(−x) ....pers(ii)
♣ Diketahui nilai : f(3)=−5 dan f(−5)=1
f(−3)=−f(3)=−(−5)=5 ....dari pers(i)
f(5)=−f(−5)=−(1)=−1 ....dari pers(ii)
♣ Menentukan hasilnya
f(f(−3))=f(5)....[ dengan f(−3)=5]=−1
Jadi, nilai f(f(−3))=−1.♡
berlaku juga : f(x)=−f(−x) ....pers(ii)
♣ Diketahui nilai : f(3)=−5 dan f(−5)=1
f(−3)=−f(3)=−(−5)=5 ....dari pers(i)
f(5)=−f(−5)=−(1)=−1 ....dari pers(ii)
♣ Menentukan hasilnya
f(f(−3))=f(5)....[ dengan f(−3)=5]=−1
Jadi, nilai f(f(−3))=−1.♡
Nomor 8
Diketahui sistem persamaan
{x+22−x−y3=1,x+y3−y+12=2.
Nilai x+y adalah ....
Nilai x+y adalah ....
♠ Menyederhanakan sistem persamaan
x+22−x−y3=1(kali 6)3(x+2)−2(x−y)=6x+2y=0....pers(i)x+y3−y+12=2(kali 6)2(x+y)−3(y+1)=122x−y=15....pers(ii)
♠ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
x+2y=0×1x+2y=02x−y=15×24x−2y=30+5x=30x=6
pers(i) : x+2y=0→6+2y=0→y=−3
Sehingga nilai x+y=6+(−3)=3
Jadi, nilai x+y=3.♡
x+22−x−y3=1(kali 6)3(x+2)−2(x−y)=6x+2y=0....pers(i)x+y3−y+12=2(kali 6)2(x+y)−3(y+1)=122x−y=15....pers(ii)
♠ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
x+2y=0×1x+2y=02x−y=15×24x−2y=30+5x=30x=6
pers(i) : x+2y=0→6+2y=0→y=−3
Sehingga nilai x+y=6+(−3)=3
Jadi, nilai x+y=3.♡
Nomor 9
Empat orang siswa akan mengikuti suatu perlombaan karya inovatif. Untuk itu, diperlukan biaya Rp 900.000,00.
Karena masing-masing memiliki kondisi keuangan yang berbeda, besar kontribusi masing-masing siswa tidak sama.
Siswa A memberikan kontribusi setengah dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa B memberikan kontribusi
sepertiga dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa C memberikan kontribusi seperempat dari jumlah kontribusi
tiga siswa lainnya. Besar kontribusi siswa D adalah Rp ....
♣ Menyusun persamaan
A=12(B+C+D)→2A=B+C+D....pers(i)B=13(A+C+D)→3B=A+C+D....pers(ii)C=14(A+B+D)→4C=A+B+D....pers(iii)A+B+C+D=900.000....pers(iv)
♣ Substitusi pers(iv) ke semua persamaan
pers(i) : 2A=B+C+D2A=900.000−A3A=900.000A=300.000pers(ii) : 3B=A+C+D3B=900.000−B4B=900.000B=225.000pers(iii) : 4C=A+B+D4C=900.000−C5C=900.000C=180.000
♣ Menentukan nilai D
A+B+C+D=900.000300.000+225.000+180.000+D=900.000D=195.000
Jadi, besarnya kontribusi siswa D adalah Rp 195.000,00. ♡
A=12(B+C+D)→2A=B+C+D....pers(i)B=13(A+C+D)→3B=A+C+D....pers(ii)C=14(A+B+D)→4C=A+B+D....pers(iii)A+B+C+D=900.000....pers(iv)
♣ Substitusi pers(iv) ke semua persamaan
pers(i) : 2A=B+C+D2A=900.000−A3A=900.000A=300.000pers(ii) : 3B=A+C+D3B=900.000−B4B=900.000B=225.000pers(iii) : 4C=A+B+D4C=900.000−C5C=900.000C=180.000
♣ Menentukan nilai D
A+B+C+D=900.000300.000+225.000+180.000+D=900.000D=195.000
Jadi, besarnya kontribusi siswa D adalah Rp 195.000,00. ♡
Nomor 10
Jika f(x−2)=12+5x, maka f−1(x)=....
♠ Konsep invers : f(x)=ax+bcx+d→f−1(x)=−dx+bcx−a
♠ Menyederhanakan fungsinya
Misal : p=x−2→x=p+2
Substitusi bentuk p=x−2
f(x−2)=12+5xf(p)=12+5(p+2)f(p)=15p+12
sehingga : f(x)=15x+12
♠ Menentukan inversnya berdasarkan konsep invers
f(x)=15x+12(modifikasi)f(x)=0x+15x+12(konsep invers)f−1(x)=−12x+15x−0f−1(x)=1−12x5x
Jadi, diperoleh f−1(x)=1−12x5x.♡
♠ Menyederhanakan fungsinya
Misal : p=x−2→x=p+2
Substitusi bentuk p=x−2
f(x−2)=12+5xf(p)=12+5(p+2)f(p)=15p+12
sehingga : f(x)=15x+12
♠ Menentukan inversnya berdasarkan konsep invers
f(x)=15x+12(modifikasi)f(x)=0x+15x+12(konsep invers)f−1(x)=−12x+15x−0f−1(x)=1−12x5x
Jadi, diperoleh f−1(x)=1−12x5x.♡
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.