Loading [MathJax]/jax/output/HTML-CSS/jax.js

Pembahasan Soal SBMPTN Matematika Dasar kode 618 tahun 2015 nomor 6 sampai 10


Nomor 6
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan x1x+1<1 adalah ....
Menyelesaikan pertidaksamaan
x1x+1<1x1x+11<0x1x+1x+1x+1<0(x1)(x+1)x+1<02x+1<0
Agar 2x+1<0 (negatif) , maka penyebutnya harus bernilai positif :
diperoleh : x+1>0x>1
Jadi, solusinya HP={x>1}.
Nomor 7
Diketahui suatu fungsi f bersifat f(x)=f(x) untuk setiap bilangan real x. Jika f(3)=5 dan f(5)=1, maka f(f(3))=....
Diketahui f(x)=f(x) ....pers(i)
berlaku juga : f(x)=f(x) ....pers(ii)
Diketahui nilai : f(3)=5 dan f(5)=1
f(3)=f(3)=(5)=5 ....dari pers(i)
f(5)=f(5)=(1)=1 ....dari pers(ii)
Menentukan hasilnya
f(f(3))=f(5)....[ dengan f(3)=5]=1
Jadi, nilai f(f(3))=1.
Nomor 8
Diketahui sistem persamaan {2x+1323y2=3,4x+y6+x+y3=2.
Nilai x+y adalah ....
Menyederhanakan sistem persamaan
2x+1323y2=3(kali 6)2(2x+1)3(23y)=184x+9y=22....pers(i)4x+y6+x+y3=2(kali 6)(4x+y)+2(x+y)=126x+3y=12....pers(ii)
Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
4x+9y=22×14x+9y=226x+3y=12×318x+9y=3614x=14x=1
pers(ii) : 6x+3y=126.1+3y=12y=2
Sehingga nilai x+y=1+2=3
Jadi, nilai x+y=3.
Nomor 9
Empat orang siswa akan mengikuti suatu perlombaan karya inovatif. Untuk itu, diperlukan biaya Rp 900.000,00. Karena masing-masing memiliki kondisi keuangan yang berbeda, besar kontribusi masing-masing siswa tidak sama. Siswa A memberikan kontribusi setengah dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa B memberikan kontribusi sepertiga dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa C memberikan kontribusi seperempat dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Besar kontribusi siswa D adalah Rp ....
Menyusun persamaan
A=12(B+C+D)2A=B+C+D....pers(i)B=13(A+C+D)3B=A+C+D....pers(ii)C=14(A+B+D)4C=A+B+D....pers(iii)A+B+C+D=900.000....pers(iv)
Substitusi pers(iv) ke semua persamaan
pers(i) : 2A=B+C+D2A=900.000A3A=900.000A=300.000pers(ii) : 3B=A+C+D3B=900.000B4B=900.000B=225.000pers(iii) : 4C=A+B+D4C=900.000C5C=900.000C=180.000
Menentukan nilai D
A+B+C+D=900.000300.000+225.000+180.000+D=900.000D=195.000
Jadi, besarnya kontribusi siswa D adalah Rp 195.000,00.
Nomor 10
Jika f(x+2)=15x+2, maka f1(x)=....
Konsep invers : f(x)=ax+bcx+df1(x)=dx+bcxa
Menyederhanakan fungsinya
Misal : p=x+2x=p2
Substitusi bentuk p=x+2
f(x+2)=15x+2f(p)=15(p2)+2f(p)=15p8
sehingga : f(x)=15x8
Menentukan inversnya berdasarkan konsep invers
f(x)=15x8(modifikasi)f(x)=0x+15x8(konsep invers)f1(x)=8x+15x0f1(x)=8x+15x
Jadi, diperoleh f1(x)=8x+15x.
Nomor Soal Lainnya : 1-5 6-10 11-15

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.