Nomor 6
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan x−2x+1>1 adalah ....
♠ Menyelesaikan pertidaksamaan
x−2x+1>1x−2x+1−1>0x−2x+1−x+1x+1>0(x−2)−(x+1)x+1>0−3x+1>0
Agar −3x+1>0 (positif) , maka penyebutnya harus bernilai negatif :
diperoleh : x+1<0→x<−1
Jadi, solusinya HP={x<−1}.♡
x−2x+1>1x−2x+1−1>0x−2x+1−x+1x+1>0(x−2)−(x+1)x+1>0−3x+1>0
Agar −3x+1>0 (positif) , maka penyebutnya harus bernilai negatif :
diperoleh : x+1<0→x<−1
Jadi, solusinya HP={x<−1}.♡
Nomor 7
Diketahui suatu fungsi f bersifat f(−x)=−f(x) untuk setiap bilangan real x.
Jika f(3)=−5 dan f(−5)=1, maka f(f(−3))=....
♣ Diketahui f(−x)=−f(x) ....pers(i)
berlaku juga : f(x)=−f(−x) ....pers(ii)
♣ Diketahui nilai : f(3)=−5 dan f(−5)=1
f(−3)=−f(3)=−(−5)=5 ....dari pers(i)
f(5)=−f(−5)=−(1)=−1 ....dari pers(ii)
♣ Menentukan hasilnya
f(f(−3))=f(5)....[ dengan f(−3)=5]=−1
Jadi, nilai f(f(−3))=−1.♡
berlaku juga : f(x)=−f(−x) ....pers(ii)
♣ Diketahui nilai : f(3)=−5 dan f(−5)=1
f(−3)=−f(3)=−(−5)=5 ....dari pers(i)
f(5)=−f(−5)=−(1)=−1 ....dari pers(ii)
♣ Menentukan hasilnya
f(f(−3))=f(5)....[ dengan f(−3)=5]=−1
Jadi, nilai f(f(−3))=−1.♡
Nomor 8
Diketahui sistem persamaan
{32x+1+43y−1=11,12x+1−73y−1=12.
Nilai y−5x adalah ....
Nilai y−5x adalah ....
♠ Misalkan p=12x+1 dan q=13y−1
♠ Sistem persamaan menjadi
32x+1+43y−1=11→3p+4q=11...(i)12x+1−73y−1=12→p−7q=12...(ii)
♠ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
3p+4q=11×13p+4q=11p−7q=12×33p−21q=36−25q=−25q=−1
pers(ii) : p−7q=12→p−7.(−1)=12→p=5
♠ Menentukan nilai x dan y
p=5→12x+1=52x+1=152x=15−1=−45x=−25q=−1→13y−1=−13y−1=−13y=0y=0
Sehingga nilai y−5x=0−5.(−25)=0+2=2
Jadi, nilai y−5x=2.♡
♠ Sistem persamaan menjadi
32x+1+43y−1=11→3p+4q=11...(i)12x+1−73y−1=12→p−7q=12...(ii)
♠ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
3p+4q=11×13p+4q=11p−7q=12×33p−21q=36−25q=−25q=−1
pers(ii) : p−7q=12→p−7.(−1)=12→p=5
♠ Menentukan nilai x dan y
p=5→12x+1=52x+1=152x=15−1=−45x=−25q=−1→13y−1=−13y−1=−13y=0y=0
Sehingga nilai y−5x=0−5.(−25)=0+2=2
Jadi, nilai y−5x=2.♡
Nomor 9
Empat orang siswa akan mengikuti suatu perlombaan karya inovatif. Untuk itu, diperlukan biaya Rp 900.000,00.
Karena masing-masing memiliki kondisi keuangan yang berbeda, besar kontribusi masing-masing siswa tidak sama.
Siswa A memberikan kontribusi setengah dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa B memberikan kontribusi
sepertiga dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa C memberikan kontribusi seperempat dari jumlah kontribusi
tiga siswa lainnya. Besar kontribusi siswa D adalah Rp ....
♣ Menyusun persamaan
A=12(B+C+D)→2A=B+C+D....pers(i)B=13(A+C+D)→3B=A+C+D....pers(ii)C=14(A+B+D)→4C=A+B+D....pers(iii)A+B+C+D=900.000....pers(iv)
♣ Substitusi pers(iv) ke semua persamaan
pers(i) : 2A=B+C+D2A=900.000−A3A=900.000A=300.000pers(ii) : 3B=A+C+D3B=900.000−B4B=900.000B=225.000pers(iii) : 4C=A+B+D4C=900.000−C5C=900.000C=180.000
♣ Menentukan nilai D
A+B+C+D=900.000300.000+225.000+180.000+D=900.000D=195.000
Jadi, besarnya kontribusi siswa D adalah Rp 195.000,00. ♡
A=12(B+C+D)→2A=B+C+D....pers(i)B=13(A+C+D)→3B=A+C+D....pers(ii)C=14(A+B+D)→4C=A+B+D....pers(iii)A+B+C+D=900.000....pers(iv)
♣ Substitusi pers(iv) ke semua persamaan
pers(i) : 2A=B+C+D2A=900.000−A3A=900.000A=300.000pers(ii) : 3B=A+C+D3B=900.000−B4B=900.000B=225.000pers(iii) : 4C=A+B+D4C=900.000−C5C=900.000C=180.000
♣ Menentukan nilai D
A+B+C+D=900.000300.000+225.000+180.000+D=900.000D=195.000
Jadi, besarnya kontribusi siswa D adalah Rp 195.000,00. ♡
Nomor 10
Jika f(2−x)=x2+3, maka f−1(x)=....
♠ Konsep invers : f(A)=B⇔f−1(B)=A
sehingga : f(2−x)=x2+3⇒f−1(x2+3)=2−x
♠ Menentukan inversnya
Misal : p=x2+3→x=2(p−3)
Substitusi bentuk p
f−1(x2+3)=2−xf−1(p)=2−2(p−3)f−1(p)=2−2p+6f−1(p)=8−2p
Sehingga diperoleh : f−1(x)=8−2x
Jadi, diperoleh f−1(x)=8−2x.♡
sehingga : f(2−x)=x2+3⇒f−1(x2+3)=2−x
♠ Menentukan inversnya
Misal : p=x2+3→x=2(p−3)
Substitusi bentuk p
f−1(x2+3)=2−xf−1(p)=2−2(p−3)f−1(p)=2−2p+6f−1(p)=8−2p
Sehingga diperoleh : f−1(x)=8−2x
Jadi, diperoleh f−1(x)=8−2x.♡
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.