Processing math: 100%

Pembahasan Soal SBMPTN Matematika Dasar kode 617 tahun 2015 nomor 6 sampai 10


Nomor 6
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan x2x+1>1 adalah ....
Menyelesaikan pertidaksamaan
x2x+1>1x2x+11>0x2x+1x+1x+1>0(x2)(x+1)x+1>03x+1>0
Agar 3x+1>0 (positif) , maka penyebutnya harus bernilai negatif :
diperoleh : x+1<0x<1
Jadi, solusinya HP={x<1}.
Nomor 7
Diketahui suatu fungsi f bersifat f(x)=f(x) untuk setiap bilangan real x. Jika f(3)=5 dan f(5)=1, maka f(f(3))=....
Diketahui f(x)=f(x) ....pers(i)
berlaku juga : f(x)=f(x) ....pers(ii)
Diketahui nilai : f(3)=5 dan f(5)=1
f(3)=f(3)=(5)=5 ....dari pers(i)
f(5)=f(5)=(1)=1 ....dari pers(ii)
Menentukan hasilnya
f(f(3))=f(5)....[ dengan f(3)=5]=1
Jadi, nilai f(f(3))=1.
Nomor 8
Diketahui sistem persamaan {32x+1+43y1=11,12x+173y1=12.
Nilai y5x adalah ....
Misalkan p=12x+1 dan q=13y1
Sistem persamaan menjadi
32x+1+43y1=113p+4q=11...(i)12x+173y1=12p7q=12...(ii)
Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
3p+4q=11×13p+4q=11p7q=12×33p21q=3625q=25q=1
pers(ii) : p7q=12p7.(1)=12p=5
Menentukan nilai x dan y
p=512x+1=52x+1=152x=151=45x=25q=113y1=13y1=13y=0y=0
Sehingga nilai y5x=05.(25)=0+2=2
Jadi, nilai y5x=2.
Nomor 9
Empat orang siswa akan mengikuti suatu perlombaan karya inovatif. Untuk itu, diperlukan biaya Rp 900.000,00. Karena masing-masing memiliki kondisi keuangan yang berbeda, besar kontribusi masing-masing siswa tidak sama. Siswa A memberikan kontribusi setengah dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa B memberikan kontribusi sepertiga dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Siswa C memberikan kontribusi seperempat dari jumlah kontribusi tiga siswa lainnya. Besar kontribusi siswa D adalah Rp ....
Menyusun persamaan
A=12(B+C+D)2A=B+C+D....pers(i)B=13(A+C+D)3B=A+C+D....pers(ii)C=14(A+B+D)4C=A+B+D....pers(iii)A+B+C+D=900.000....pers(iv)
Substitusi pers(iv) ke semua persamaan
pers(i) : 2A=B+C+D2A=900.000A3A=900.000A=300.000pers(ii) : 3B=A+C+D3B=900.000B4B=900.000B=225.000pers(iii) : 4C=A+B+D4C=900.000C5C=900.000C=180.000
Menentukan nilai D
A+B+C+D=900.000300.000+225.000+180.000+D=900.000D=195.000
Jadi, besarnya kontribusi siswa D adalah Rp 195.000,00.
Nomor 10
Jika f(2x)=x2+3, maka f1(x)=....
Konsep invers : f(A)=Bf1(B)=A
sehingga : f(2x)=x2+3f1(x2+3)=2x
Menentukan inversnya
Misal : p=x2+3x=2(p3)
Substitusi bentuk p
f1(x2+3)=2xf1(p)=22(p3)f1(p)=22p+6f1(p)=82p
Sehingga diperoleh : f1(x)=82x
Jadi, diperoleh f1(x)=82x.
Nomor Soal Lainnya : 1-5 6-10 11-15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.