Nomor 16
Simpangan kuartil dari data : 16 15 15 19 20 22 16 17 25 29 32 29 32 adalah ....
♠ Data diurutkan :
♠ Menentukan nilai kuartil
Q1=16+162=16
Q3=29+292=29
♠ Menentukan simpangan kuartil
Sk=12(Q3−Q1)=12(29−16)=12.13=6,5
Jadi, simpangan kuartilnya adalah 6,5 . ♡
♠ Menentukan nilai kuartil
Q1=16+162=16
Q3=29+292=29
♠ Menentukan simpangan kuartil
Sk=12(Q3−Q1)=12(29−16)=12.13=6,5
Jadi, simpangan kuartilnya adalah 6,5 . ♡
Nomor 17
Jumlah 6 suku pertama deret aritmetika adalah 24. Sedangkan jumlah 10 suku pertamanya adalah 100. Suku ke-21 adalah ....
♣ Barisan dan deret aritmetika :
Un=a+(n−1)b dan Sn=n2(2a+(n−1)b)
♣ Menentukan nilai a dan b
S6=24→62(2a+(6−1)b)=24→2a+5b=8 ...pers(i)
S10=100→102(2a+(10−1)b)=100→2a+9b=20 ...pers(ii)
♣ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
2a+9b=202a+5b=8−4b=12→b=3
pers(i) : 2a+5b=8→2a+5.3=8→a=−72
sehingga :
U21=a+20b=−72+20.3=−72+60=5612
Jadi, nilai suku ke-21 adalah 5612.♡
Un=a+(n−1)b dan Sn=n2(2a+(n−1)b)
♣ Menentukan nilai a dan b
S6=24→62(2a+(6−1)b)=24→2a+5b=8 ...pers(i)
S10=100→102(2a+(10−1)b)=100→2a+9b=20 ...pers(ii)
♣ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
2a+9b=202a+5b=8−4b=12→b=3
pers(i) : 2a+5b=8→2a+5.3=8→a=−72
sehingga :
U21=a+20b=−72+20.3=−72+60=5612
Jadi, nilai suku ke-21 adalah 5612.♡
Nomor 18
Jumlah 10 suku pertama deret : alog1x+alog1x2+alog1x3+....
adalah ....
♠ Deret aritmetika : Sn=n2(2a+(n−1)b)
♠ Menentukan nilai U1 dan beda
alog1x+alog1x2+alog1x3+....
U1=alog1x
b=U2−U1=alog1x2−alog1x=alog(1x:1x2)=alog1x
♠ Menentukan jumlah 10 suku pertama
S10=102(2.alog1x+9.alog1x)=5.(11.alog1x)=55.alog1x=55alog(x−1)=55.(−1).alogxS10=−55alogx
Jadi, jumlah 10 suku pertamanya adalah −55alogx.♡
♠ Menentukan nilai U1 dan beda
alog1x+alog1x2+alog1x3+....
U1=alog1x
b=U2−U1=alog1x2−alog1x=alog(1x:1x2)=alog1x
♠ Menentukan jumlah 10 suku pertama
S10=102(2.alog1x+9.alog1x)=5.(11.alog1x)=55.alog1x=55alog(x−1)=55.(−1).alogxS10=−55alogx
Jadi, jumlah 10 suku pertamanya adalah −55alogx.♡
Nomor 19
Kelas A terdiri atas 35 orang murid, sedangkan kelas B terdiri 40 orang murid. Nilai statistika rataa - rata kelas B adalah 5 lebih baik
dari nilai rata - rata kelas A. Apabila nilai rata - rata kelas A dan B adalah 5723 , maka nilai rata - rata kelas
A adalah .....
♣ Misalkan, rata - rata A adalah a dan rata - rata B adalah b
Rata - rata B 5 lebih baik dari A :
¯xB=5+¯xA→b=5+a ...pers(i)
Rata - rata gabungan A dan B
¯xgb=nA.¯xA+nB.¯xBnA+nB5723=35a+40b35+4035a+40b=75×17337a+8b=865...pers(ii)
♣ Substitusi pers(i) ke pers(ii)
7a+8b=865→7a+8.(5+a)=865→a=55
Jadi, rata - rata kelas A adalah 55. ♡
Rata - rata B 5 lebih baik dari A :
¯xB=5+¯xA→b=5+a ...pers(i)
Rata - rata gabungan A dan B
¯xgb=nA.¯xA+nB.¯xBnA+nB5723=35a+40b35+4035a+40b=75×17337a+8b=865...pers(ii)
♣ Substitusi pers(i) ke pers(ii)
7a+8b=865→7a+8.(5+a)=865→a=55
Jadi, rata - rata kelas A adalah 55. ♡
Nomor 20
Untuk x dan y yang memenuhi sistem persamaan :
{3x−2y+1=9x−2y4x−y+2=32x−2y+1
Maka nilai x.y=....
{3x−2y+1=9x−2y4x−y+2=32x−2y+1
Maka nilai x.y=....
♠ Menyederhanakan persamaan
pers(1) :3x−2y+1=9x−2y3x−2y+1=(32)x−2y3x−2y+1=(3)2x−4yx−2y+1=2x−4y−x+2y=−1...pers(i) pers(2) :4x−y+2=32x−2y+1(22)x−y+2=(25)x−2y+1(2)2x−2y+4=(2)5x−10y+52x−2y+4=5x−10y+53x−8y=−1...pers(ii)
♠ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
−x+2y=−1×3−3x+6y=−33x−8y=−1×13x−8y=−1+−2y=−4→y=2
pers(i) : −x+2y=−1→−x+2.2=−1→x=5
sehingga : nilai x.y=5.2=10
Jadi, nilai x.y=10.♡
pers(1) :3x−2y+1=9x−2y3x−2y+1=(32)x−2y3x−2y+1=(3)2x−4yx−2y+1=2x−4y−x+2y=−1...pers(i) pers(2) :4x−y+2=32x−2y+1(22)x−y+2=(25)x−2y+1(2)2x−2y+4=(2)5x−10y+52x−2y+4=5x−10y+53x−8y=−1...pers(ii)
♠ Eliminasi pers(i) dan pers(ii)
−x+2y=−1×3−3x+6y=−33x−8y=−1×13x−8y=−1+−2y=−4→y=2
pers(i) : −x+2y=−1→−x+2.2=−1→x=5
sehingga : nilai x.y=5.2=10
Jadi, nilai x.y=10.♡
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.