Tips dan Cara Memilih Bimbingan Belajar (Bimbel atau LBB) yang Berkualitas



Apakah pembaca sulit dalam memilih bimbingan belajar ? Berikut Tips dan indikator memilih Bimbel yang berkualitas:

Program Bimbingan Belajar, indikator yang menentukan yaitu mempunyai silabus yang jelas, mempunyai rencana pokok bahasan per pertemuan sampai satu semester dan setahun, mempunyai standarsisi materi pelajaran dan soal yang baku serta adanya evaluasi hasil belajar siswa berupa kuis, try out, dan laporan hasil evaluasi.

Kualitas Pengajar, factor lain yang tidak kalah penting adalah pengajarnya. Karena pengajarlah yang langsung berhadapan dengan siswa setiap harinya. Pengajar harus mampu mengajar dengan jelas, dinamis, dan menarik serta mempunyai wawasan yang luas hingga dunia kerja. Selain itu, pengajarnya harus lulusan PTN/PTS favorit dan mampu berkarya (misalkan menulis buku-buku berkualitas).

Kualitas Materi, ketika belajar di bimbel tentu siswa memakai buku pegangan belajar dari bimbel. Kriteria buku yang memiliki materi berkualitas yaitu berisi teori yang singkat dan jelas serta contoh-contoh yang relevan dengan teori, mempunyai referensi text book (daftar pustaka) yang jelas, dan memuat jumlah dan variasi soal yang lengkap dan bermutu (soal-soal UN, soal-soal masuk PTN/PTS, dan soal-soal olimpiade).

Metode Pengajaran, metode yang baik dan mudah dalam pembelajaran yaitu materi disampaiakan secara sistematik dan jelas, ada pendekatan personal oleh pengajar agar tercipta suasana akrab antara pengajar dan siswa sehingga siswa berani dan bebas bertanya, serta pengajaran diselingi humor dan santai ( 3S , Serius tapi Santai sehingga Sukses).

Fasilitas, selain indikator yang telah disebutkan, juga fasilitas-fasilitas yang diberikan seperti fasilitas gedung yang nyaman (kelas ber AC, kamar mandi yang bersih, tempat ibadah, ruang diskusi, dll), ada jam tambahan (belajar diluar jam kelas reguler untuk pendalaman materi, PR, ulangan, UTS, UAS, dll), dan ada acara seminar atau outbond (untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar).

Biaya, Jarak, Waktu Belajar, dan Kualitas Lulusan, perlu diperhatikan kesesuaian waktu belajar di sekolah dan di bimbel agar kedua-duanya bias berjalan dengan baik dan efektif. Jarak dari rumah atau sekolah ke tempat bimbel kalau bisa yang dekat supaya tidak lama dperjalanan dan biaya transportasi jadi lebih murah. Untuk biaya bimbel, sesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing (kualitas menentukan harga, bukan sebaliknya harga menentukan kualitas), apakah biaya yang dibayarkan sebanding dengan apa yang akan di dapatkan. Dan yang terakhir adalah kualitas lulusan dari bimbel tersebut, apakah lulusannya kebanyakkan diterima di SD, SMP, SMA, dan PTN/PTS favorit? Memang tidak mungkin 100% akan diterima di sekolah yang favorit, tapi paling tidak diatas 50% yang diterima.

Demikian hal-hal yang perlu diketahui untuk memilih bimbingan belajar (bimbel/LBB) yang berkualitas. Tanyakan hal-hal di atas secara mendetail dan sejelas-jelasnya kepada customer service (CS) agar bimbel yang dipilih sesuai harapan. Semoga bermanfaat.
Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.