Pembahasan Soal SPMB Matematika IPA tahun 2004 nomor 11 sampai 15


Nomor 11
Jika untuk $ 0 \leq \alpha , \beta \leq \pi, \, $ berlaku
$ \sqrt{3} \tan \alpha \tan \beta = \tan \alpha - \tan \beta - \sqrt{3} \, $ dan
$ \sin \alpha \sin \beta = \frac{3}{4}, \, $ maka $ \cos (\alpha + \beta ) = .... $
$\clubsuit \, $ Konsep trigonometri
$ \tan (x - y) = \frac{\tan x - \tan y}{1 + \tan x \tan y} $
$ \cos ( x- y ) = \cos x \cos y + \sin x \sin y $
$ \cos ( x + y ) = \cos x \cos y - \sin x \sin y $
$\clubsuit \, $ Menentukan nilai $ (\alpha - \beta ) $
$\begin{align} \sqrt{3} \tan \alpha \tan \beta & = \tan \alpha - \tan \beta - \sqrt{3} \\ \sqrt{3} + \sqrt{3} \tan \alpha \tan \beta & = \tan \alpha - \tan \beta \\ \sqrt{3} ( 1 + \tan \alpha \tan \beta ) & = \tan \alpha - \tan \beta \\ \frac{\tan \alpha - \tan \beta }{ 1 + \tan \alpha \tan \beta} & = \sqrt{3} \\ \tan ( \alpha - \beta ) & = \sqrt{3} \\ \alpha - \beta & = 60^\circ \end{align}$
$\clubsuit \, $ Menentukan nilai $ \cos \alpha \cos \beta $ dengan $ \sin \alpha \sin \beta = \frac{3}{4} $
$\begin{align} \alpha - \beta & = 60^\circ \\ \cos ( \alpha - \beta ) & = \cos ( 60^\circ ) \\ \cos \alpha \cos \beta + \sin \alpha \sin \beta & = \frac{1}{2} \\ \cos \alpha \cos \beta + \frac{3}{4} & = \frac{1}{2} \\ \cos \alpha \cos \beta & = -\frac{1}{4} \end{align}$
$\clubsuit \, $ Menentukan nilai $ \cos (\alpha + \beta ) $
$\begin{align} \cos ( \alpha + \beta ) & = \cos \alpha \cos \beta - \sin \alpha \sin \beta \\ \cos ( \alpha + \beta ) & = -\frac{1}{4} - \frac{3}{4} \\ \cos ( \alpha + \beta ) & = -\frac{4}{4} = -1 \end{align}$
Jadi, nilai $ \cos (\alpha + \beta ) = - 1 . \heartsuit $
Nomor 12
Persamaan lingkaran dengan titik pusat berada pada parabola $ y = x^2 \, $ dan menyinggung sumbu X adalah .....
$\spadesuit \, $ Misal pusat lingkarannya ($a,b$). Substitusi ke parabola $ y = x^2 \, $ (karena pusat terletak pada parabola)
$\begin{align} (a,b) \rightarrow y & = x^2 \\ b & = a^2 \end{align}$
Sehingga titik pusatnya ($a,b$) = ($a,a^2$)
$\spadesuit \, $ Lingkaran menyinggung sumbu X, maka jari-jarinya adalah $ b $
Sehingga : $ r = b = a^2 $
$\spadesuit \, $ Persamaan lingkaran dengan pusat ($a,b$) = ($a,a^2$) dengan jari - jari $ r = a^2 $
$\begin{align} (x-a)^2 + (y-b)^2 & = r^2 \\ (x-a)^2 + (y - a^2)^2 & = (a^2)^2 \\ x^2 - 2ax + a^2 + y^2 - 2a^2y + a^4 & = a^4 \\ x^2 + y^2 - 2ax - 2a^2 y + a^2 & = 0 \end{align}$
Jadi, persamaan lingkarannya $ x^2 + y^2 - 2ax - 2a^2 y + a^2 = 0 . \heartsuit $
Nomor 13
Jika $ \displaystyle \lim_{ x \to 0 } \frac{\sqrt{a + x} - \sqrt{a - x}}{x} = b $ .
Maka $ \displaystyle \lim_{ x \to 0 } \frac{\sqrt{b + x} - \sqrt{b - x}}{x} = .... $
$\spadesuit \, $ Penerapan L'Hospital pada limit
$ \displaystyle \lim_{ x \to k } \frac{f(x)}{g(x)} = \frac{0}{0} \, $ solusinya : $ \displaystyle \lim_{ x \to k } \frac{f(x)}{g(x)} = \displaystyle \lim_{ x \to k } \frac{f^\prime (x)}{g^\prime (x)} $
diturunkan sampai bentuknya tidak $ \frac{0}{0} \, $ lagi.
$\spadesuit \, $ Menentukan hubungan $ b $ dan $ \, a $ dengan turunan
$\begin{align} \displaystyle \lim_{ x \to 0 } \frac{\sqrt{a + x} - \sqrt{a - x}}{x} & = b \, \, \text{(turunan)} \\ \displaystyle \lim_{ x \to 0 } \frac{ \frac{1}{2\sqrt{a + x}} - \frac{-1}{2\sqrt{a - x}}}{1} & = b \\ \frac{ \frac{1}{2\sqrt{a + 0}} - \frac{-1}{2\sqrt{a - 0}}}{1} & = b \\ \frac{1}{2\sqrt{a}} + \frac{1}{2\sqrt{a}} & = b \\ \frac{2}{2\sqrt{a}} & = b \\ b & = \frac{1}{\sqrt{a}} \end{align}$
$\spadesuit \, $ Menyelesaikan soal dengan turunan dan $ b = \frac{1}{\sqrt{a}} $
$\begin{align} \displaystyle \lim_{ x \to 0 } \frac{\sqrt{b + x} - \sqrt{b - x}}{x} & = \displaystyle \lim_{ x \to 0 } \frac{ \frac{1}{2\sqrt{b + x}} - \frac{-1}{2\sqrt{b - x}}}{1} \\ & = \frac{ \frac{1}{2\sqrt{b + 0}} - \frac{-1}{2\sqrt{b - 0}}}{1} \\ & = \frac{1}{2\sqrt{b}} + \frac{1}{2\sqrt{b}} \\ & = \frac{2}{2\sqrt{b}} = \frac{1}{\sqrt{b}} \\ & = \frac{1}{\sqrt{\frac{1}{\sqrt{a}}}} = \frac{1}{ \frac{ \sqrt{1}}{\sqrt{\sqrt{a}}} } \\ & = \frac{1}{ \frac{ 1}{\sqrt{\sqrt{a}}} } \\ & = \sqrt{\sqrt{a}} \end{align}$
Jadi, hasil limitnya adalah $ \sqrt{\sqrt{a}} . \heartsuit $
Nomor 14
Bila panjang proyeksi vektor $ \vec{b} = \vec{i} - 2 \vec{j} \, $ pada vektor $ \vec{a} = x\vec{i} + y \vec{j} \, $ dengan $ x, y > 0 \, $ adalah 1, maka nilai $ 4x-3y+1 = .... $
$\spadesuit \, $ Konsep dasar : Panjang proyeksi $ \vec{b} \, $ pada $ \, \vec{a} $
Panjang = $ \frac{\vec{b}.\vec{a}}{|\vec{a}| } $
$\spadesuit \, $ Menentukan $ \vec{a}.\vec{b} \, $ dan $ |\vec{a}| $
$ \vec{b} = \vec{i} - 2 \vec{j} \, $ dan $ \, \vec{a} = x\vec{i} + y \vec{j} $
$ \vec{a} . \vec{b} = (x . 1) + y. (-2) = x - 2y $
$ |\vec{a}| = \sqrt{x^2 + y^2 } $
$\spadesuit \, $ Menentukan hubungan $ x \, $ dan $ \, y \, $ dengan panjang proyeksi 1
$\begin{align} \text{Panjang} & = \frac{\vec{b}.\vec{a}}{|\vec{a}|} \\ 1 & = \frac{x - 2y}{\sqrt{x^2 + y^2 }} \\ \sqrt{x^2 + y^2 } & = x - 2y \, \, \text{(kuadratkan kedua ruas)} \\ x^2 + y^2 & = x^2 - 4xy + 4y^2 \\ 3y^2 - 4xy & = 0 \\ y(3y-4x) & = 0 \\ y = 0 \vee 3y-4x & = 0 \rightarrow y = \frac{4x}{3} \end{align}$
Karena $ y \, $ positif, maka nilai yang memenuhi adalah $ y = \frac{4x}{3} $
Sehingga nilai $ 4x-3y+1 $
$\begin{align} 4x-3y+1 & = 4x-3(\frac{4x}{3}) +1 \\ & = 4x - 4x + 1 \\ & = 1 \end{align}$
Jadi, nilai $ 4x-3y+1 = 1 . \heartsuit $
Nomor 15
$ u(x) \, $ dan $ v(x) \, $ masing - masing merupakan fungsi dengan grafik seperti pada gambar di bawah ini.
spmb_mat_ipa_1_2004.png
Jika $ f(x) = u(x) . v(x) , \, $ maka $ f^\prime (1) = .... $
$\clubsuit \, $ Grafik fungsi sekitar $ x = 1 $
spmb_mat_ipa_7_2004.png
$\clubsuit \, $ Grafik fungsi sekitar $ x = 1 $ membentuk garis lurus, sehingga persamaannya menggunakan rumus garis lurus
Persamaan garis melalui dua titik ($x_1,y_1$) dan ($x_2,y_2$)
$ \frac{y - y_1}{y_2 - y_1} = \frac{x - x_1}{x_2 - x_1} $
$\clubsuit \, $ Fungsi $ u(x) \, $ melalui titik (0,0) dan (2,4)
$\begin{align} \frac{y - y_1}{y_2 - y_1} & = \frac{x - x_1}{x_2 - x_1} \\ \frac{y - 0}{4-0} & = \frac{x - 0}{2-0} \\ \frac{y }{4} & = \frac{x }{2} \\ y & = 2x \end{align}$
Sehingga : $ u(x) = 2x $
$\clubsuit \, $ Fungsi $ v(x) \, $ melalui titik (2,0) dan (0,2)
$\begin{align} \frac{y - y_1}{y_2 - y_1} & = \frac{x - x_1}{x_2 - x_1} \\ \frac{y - 0}{2-0} & = \frac{x - 2}{0-2} \\ \frac{y }{2} & = \frac{x - 2}{ -2} \\ y & = -x + 2 \end{align}$
Sehingga : $ v(x) = -x + 2 $
$\clubsuit \, $ Menentukan $ f(x) \, $ dan turunannya
$\begin{align} f(x) & = u(x) v(x) \\ f(x) & = (2x) (-x+2) \\ f(x) & = -2x^2 + 4x \\ f^\prime (x) & = -4x + 4 \\ x = 1 \rightarrow f^\prime (1) & = -4.1 + 4 = 0 \end{align}$
Jadi, nilai $ f^\prime (1) = 0 . \heartsuit $
Nomor Soal Lainnya : 1-5 6-10 11-15

Pembahasan Soal SPMB Matematika IPA tahun 2004 nomor 6 sampai 10


Nomor 6
Diberikan dua matriks A dan B sebagai berikut :
$ A = \left( \begin{matrix} 5 & k \\ 0 & 2 \end{matrix} \right) , \, B = \left( \begin{matrix} 9 & m \\ 0 & 5 \end{matrix} \right) $
Jika $ AB = BA, \, $ maka $ \frac{k}{m} = .... $
$\spadesuit \, $ Konsep dasar
$\begin{align} AB & = BA \\ \left( \begin{matrix} 5 & k \\ 0 & 2 \end{matrix} \right) \left( \begin{matrix} 9 & m \\ 0 & 5 \end{matrix} \right) & = \left( \begin{matrix} 9 & m \\ 0 & 5 \end{matrix} \right) \left( \begin{matrix} 5 & k \\ 0 & 2 \end{matrix} \right) \\ \left( \begin{matrix} 45 & 5m+5k \\ 0 & 10 \end{matrix} \right) & = \left( \begin{matrix} 45 & 9k+2m \\ 0 & 10 \end{matrix} \right) \\ \text{Sehingga : } \, 5m+5k & = 9k + 2m \\ 5m-2m & = 9k - 5k \\ 3m & = 4k \\ \frac{3}{4} & = \frac{k}{m} \end{align}$
Jadi, nilai $ \frac{k}{m} = \frac{3}{4} . \heartsuit $
Nomor 7
Diketahui suatu deret geometri tak hingga dengan suku awal $ a $ dan rasio $ r $. Jika jumlah suku awal dan rasionya sama dengan 6 dan jumlah semua sukunya sama dengan 5, maka $ \frac{a}{r} = .... $
$\clubsuit \, $ Jumlah suku pertama dan rasio
$ a + r = 6 \, $ ....pers(i)
$\clubsuit \, $ Jumlah semua suku tak hingga ($S_\infty$)
$\begin{align} S_\infty & = 5 \\ \frac{a}{1-r} & = 5 \\ a & = 5-5r \, \, \, \text{....pers(ii)} \end{align}$
$\clubsuit \, $ Substitusi pers(ii) ke pers(i)
$\begin{align} a + r & = 6 \\ (5-5r) + r & = 6 \\ 5-4r & = 6 \\ r & = -\frac{1}{4} \end{align}$
pers(i) : $ a+r = 6 \rightarrow a + (-\frac{1}{4}) = 6 \rightarrow a = \frac{25}{4} $
Sehingga nilai $ \frac{a}{r} = \frac{\frac{25}{4}}{-\frac{1}{4} } = -25 $
Jadi, nilai $ \frac{a}{r} = - 25. \heartsuit$
Nomor 8
Suatu sekolah membentuk suatu tim delegasi yang terdiri dari 4 anak kelas I, 5 anak kelas II, dan 6 anak kelas III. Kemudian akan ditentukan pimpinan yang terdiri dari ketua, wakil ketua, dan sekretaris. Jika kelas asal ketua harus lebih tinggi dari kelas wakil ketua dan sekretaris, maka banyaknya kemungkinan susunan pimpinan adalah ....
$\spadesuit \, $ Ada 4I, 5II, 6III
$\spadesuit \, $ Ada dua kemungkinan agar ketua asal kelas lebih tinggi dari wakil dan sekretaris
spmb_mat_ipa_5_2004.png
1. Ketua dari kelas III, maka wakil dan sekretaris boleh dari kelas II atau I atau kombinasinya. Banyak cara terlihat pada (gambar i).
Cara I = 6 . 9 . 8 = 432
Keterangan : Ketua ada 6 pilihan karena hanya dari kelas III, sementara wakil dan sekretaris bebas dari kelas II dan I (ada 9 pilihan siswa) untuk ditempatkan jadi wakil dan sekretaris ( 9 . 8 )
2. Ketua dari kelas II, maka wakil dan sekretaris hanya dari kelas I. Banyak cara terlihat pada (gambar ii).
Cara II = 5.4.3 = 60
Keterangan : Ketua ada 5 pilihan karena hanya dari kelas II, sementara wakil dan sekretaris hanya dari kelas I ( ada 4 pilihan siswa) untuk menjadi wakil dan sekretaris ( 4.3)
Sehingga total = cara I + cara II = 432 + 60 = 492.
Jadi, susunan kemungkinannya ada 492 cara. $ \heartsuit$
Nomor 9
Jika $ a > 0, b > 0 \, $ dan $ \, {}^a \log b + {}^b \log a^4 + 4 = 0, \, $ maka $ a^2b - {}^a \log b = .... $
$\clubsuit \, $ Konsep dasar logaritma
Sifat logaritma : $ {}^a \log b = \frac{1}{{}^b \log a }, \, $ dan $ {}^a \log b^n = n. {}^a \log b $
Definisi logaritma : $ {}^a \log b = c \rightarrow b = a^c $
$\clubsuit \, $ misal : $ p = {}^a \log b $
$\begin{align} {}^a \log b + {}^b \log a^4 + 4 & = 0 \\ {}^a \log b + 4.{}^b \log a + 4 & = 0 \\ {}^a \log b + 4.\frac{1}{{}^a \log b} + 4 & = 0 \\ p + 4. \frac{1}{p} + 4 & = 0 \, \, \text{ (kali } \, p ) \\ p^2 + 4 + 4p & = 0 \\ (p+2)^2 & = 0 \rightarrow p = -2 \\ p = -2 \rightarrow {}^a \log b & = -2 \\ b & = a^{-2} \\ b & = \frac{1}{a^2} \\ a^2b & = 1 \end{align}$
Sehingga : $ a^2b - {}^a \log b = 1 - (-2) = 3 $
Jadi, nilai $ a^2b - {}^a \log b = 3 . \heartsuit $
Nomor 10
Semua nilai - nilai $ x $ yang memenuhi
$ 2^{-x^2+x+6} > \frac{{}^a \log b . {}^c \log a }{{}^c \log b } $
adalah ....
$\spadesuit \, $ Sifat - sifat logaritma : $ {}^a \log a = 1 $
$ {}^a \log b = \frac{1}{{}^b \log a } \, $ dan $ \, \, {}^a \log b . {}^b \log c = {}^a \log c $
$\spadesuit \, $ Menyelesaikan soal
$\begin{align} 2^{-x^2+x+6} & > \frac{{}^a \log b . {}^c \log a }{{}^c \log b } \\ 2^{-x^2+x+6} & > {}^a \log b . {}^c \log a . {}^c \log b \\ 2^{-x^2+x+6} & > {}^a \log b . {}^b \log c . {}^c \log a \\ 2^{-x^2+x+6} & > {}^a \log a \\ 2^{-x^2+x+6} & > 1 \\ 2^{-x^2+x+6} & > 2^0 \\ -x^2+x+6 & > 0 \, \, \text{(kali -1, tanda dibalik)} \\ x^2 - x - 6 & < 0 \\ (x+2)(x-3) & < 0 \\ x = -2 \vee x & = 3 \end{align}$
spmb_mat_ipa_6_2004.png
Jadi, solusinya $ HP = \{ -2 < x < 3 \} . \heartsuit $
Nomor Soal Lainnya : 1-5 6-10 11-15